Tutorial Game Sederhana Menggunakan Scratch

MEMBUAT GAME SEDERHANA

Haiiiiiiiiii,, di blog ini saya akan menjelaskan cara membuat game menggunakan scratch. scratch merupakan aplikasi pembuat anmasi dan game.

Sebelum memulai menggunakan scratch, sebaiknya aplikasi di download terlebih dahulu dengan mengakses url berikut https://scratch.mit.edu/scratch2download/ 

1. Langkah pertama membuat file baru dengan mengklik menu File>>New.

2. Buat bagian kucingnya(sprite1) terlebih dahulu. Pada bagian ini, ditujukan agar kucing(sprite1) mampu bergerak dan berpindah mengikuti arah dari tombol panah kanan/kiri.
~ Pada scrip area, klik blok kejadian lalu pilih script ketika lambang diklik, kemudian pilih blok kontrol dan pilih script selamanya. Ini bertujuan untuk membuat kucing(sprite1) dapat mengikuti perintah yang akan  diberikan selamanya/ looping selamanya.
~ Pilih blok kontrol dan pilih script jika <pilih sensor dan pilih tombol panah kanan tertekan?maka. Ini bertujuan untuk membuat kucing(sprite1) ketika tombol panah kanan di tekan dapat mengikuti perintah.
Pilih blok gerakan dan pilih script ubah x sebesar 10. Ini bertujuan untuk membuat kucing(sprite1) bergerak dan berpindah secara horizontal dengan jarak sebesar 10.
Pilih blok gerakan dan pilih script jika dipinggir, pantulkan, lalu pilih blok gerakan dan pilih script mengarah ke arah 90. Ini bertujuan untuk membuat kucing(sprite1) bergerak dan berpindah berbalik ke arah 90 ketika sudah dipinggir.
Pilih blok tampilan dan pilih script kostum berikutnya. Ini bertujuan untuk merubah tampilan kostum kucing(sprite1).
~ Pilih blok kontrol dan pilih script jika <pilih sensor dan pilih tombol panah kiri tertekan?maka. Ini bertujuan untuk membuat kucing(sprite1) ketika tombol panah kiri di tekan dapat mengikuti perintah.
Pilih blok gerakan dan pilih script ubah x sebesar -10. Ini bertujuan untuk membuat kucing(sprite1) bergerak dan berpindah secara horizontal dengan jarak sebesar -10.
Pilih blok gerakan dan pilih script jika dipinggir, pantulkan, lalu pilih blok gerakan dan pilih script mengarah ke arah -90. Ini bertujuan untuk membuat kucing(sprite1) bergerak dan berpindah berbalik ke arah -90 ketika sudah dipinggir.
Pilih blok tampilan dan pilih script kostum berikutnya. Ini bertujuan untuk merubah tampilan kostum kucing(sprite1).

3. Ubah gaya rotasi menjadi kiri-kanan. Ini bertujuan untuk membuat kucing(sprite1) bergerak berotasi kiri-kanan.

Daaaaann,, untuk sprite kucing sudah selesai :)

4. Setelah itu buat bagian Ikan. Langkah pertama, masukkan spite baru dengan cara mengkilik icon spite lalu pilih fish2.

5. Pada bagian ini, ditujukan agar ikan(fish2) mampu bergerak, berpindah sembarang dan mendapatkan score.
~ Pada scrip area, klik blok kejadian lalu pilih script ketika lambang diklik, kemudian pilih blok gerakan dan pilih script pergi ke posisi sembarang, lalu pilih blok gerakan dan pilih script atur x ke 180. Ini bertujuan untuk membuat ikan(fish2) dapat mengikuti perintah yang akan  diberikan, bergerak dan berpindah sembarang, dan berada digaris horizontal sebesar 180.
~ Pilih blok kontrol dan pilih script selamanya. Ini bertujuan untuk membuat ikan(fish2)  dapat mengikuti perintah yang akan  diberikan selamanya/ looping selamanya.
~ Pilih blok gerakan dan pilih script ubah y sebesar -5. Ini bertujuan untuk ikan(fish2) berada digaris vertikal -5
~ Pilih blok kontrol pilih script jika <pilih blok operator pilih script jika <pilih blok gerakan pilih script posisi y < -170> maka. Ini berguna sebagai pengkondisian ikan(fish2) berada digaris vertikal kurang dari -170. 
Pilih blok gerakan dan pilih script pergi ke posisi sembarang. Ini bertujuan untuk ikan(fish2) bergerak dan berpindah sembarang.
~ Pilih blok gerakan dan pilih script atur y ke 180. Ini bertujuan untuk ikan(fish2) berada digaris vertikal 180.
Pada scrip area, klik blok kejadian lalu pilih script ketika lambang diklik, kemudian pilih blok data dan buat sebuah variabel untuk semua spite, lalu pilih script atur score ke 0. Ini bertujuan untuk membuat ikan(fish2) dapat mengatur score sebesar 0.
Pilih blok kontrol dan pilih script selamanya. Ini bertujuan untuk membuat ikan(fish2)  dapat mengikuti perintah yang akan  diberikan selamanya/ looping selamanya.
Pilih blok kontrol dan pilih script jika <pilih blok sensor pilih script menyentuh sprite1?> maka. Ini berguna sebagai pengkondisian menyentuh ikan(fish2) dapat mengikuti perintah yang akan  diberikan.
~ Pilih blok suara pilih script mainkan suara pop. Ini berguna untuk menambahkan suara pop
~ Pilih blok data dan pilih script ubah score sebesar 1. Ini bertujuan untuk membuat ikan(fish2) mengubah score sebesar 1.
~ Pilih blok gerakan dan pilih script pergi ke posisi sembarang, lalu pilih blok gerakan dan pilih script atur y ke 180. Ini bertujuan untuk membuat ikan(fish2) bergerak dan berpindah sembarang, dan berada digaris vertikal sebesar 180.

Daaaaann,, untuk sprite Ikan sudah selesai :)

Selanjutnya buat sprite Tikus dengan cara yang sama seperi Ikan agar bervariasi.

6. Lalu kita buat Katak. Langkah pertama, masukkan spite baru dengan cara mengkilik icon spite lalu pilih frog.

7. Pada bagian ini, ditujukan agar frog mampu bergerak, berpindah sembarang dan mengurangi life.
~ Pada scrip area, klik blok kejadian lalu pilih script ketika lambang diklik, kemudian pilih blok gerakan dan pilih script pergi ke posisi sembarang, lalu pilih blok gerakan dan pilih script atur x ke 180. Ini bertujuan untuk membuat frog dapat mengikuti perintah yang akan  diberikan, bergerak dan berpindah sembarang, dan berada digaris horizontal sebesar 180.
~ Pilih blok kontrol dan pilih script selamanya. Ini bertujuan untuk membuat frog dapat mengikuti perintah yang akan  diberikan selamanya/ looping selamanya.
~ Pilih blok gerakan dan pilih script ubah y sebesar -5. Ini bertujuan untuk frog berada digaris vertikal -5
~ Pilih blok kontrol pilih script jika <pilih blok operator pilih script jika <pilih blok gerakan pilih script posisi y < -170> maka. Ini berguna sebagai pengkondisian frog berada digaris vertikal kurang dari -170. 
Pilih blok gerakan dan pilih script pergi ke posisi sembarang. Ini bertujuan untuk frog bergerak dan berpindah sembarang.
~ Pilih blok gerakan dan pilih script atur y ke 180. Ini bertujuan untuk frog berada digaris vertikal 180.
Pada scrip area, klik blok kejadian lalu pilih script ketika lambang diklik, kemudian pilih blok data dan buat sebuah variabel untuk semua spite, lalu pilih script atur life ke 10. Ini bertujuan untuk membuat frog dapat mengatur score sebesar 10.
~ Pilih blok kontrol dan pilih script selamanya. Ini bertujuan untuk membuat frog dapat mengikuti perintah yang akan  diberikan selamanya/ looping selamanya.
Pilih blok kontrol dan pilih script jika <pilih blok sensor pilih script menyentuh sprite1?> maka. Ini berguna sebagai pengkondisian menyentuh frog dapat mengikuti perintah yang akan  diberikan.

~ Pilih blok suara pilih script mainkan suara pop. Ini berguna untuk menambahkan suara pop
~ Pilih blok data dan pilih script ubah life sebesar -1. Ini bertujuan untuk membuat frog mengubah life sebesar -1.
~ Pilih blok gerakan dan pilih script pergi ke posisi sembarang, lalu pilih blok gerakan dan pilih script atur y ke 180. Ini bertujuan untuk membuat frog bergerak dan berpindah sembarang, dan berada digaris vertikal sebesar 180.

Daaaaann,, untuk sprite Katak sudah selesai :)

8. Selanjutnya kita buat teks GAME OVER. Langkah pertama, buat spite baru dengan cara mengkilik icon seperti gambar dibawah, lalu klik teks, setelah itu klik 2 kali pada costum sprite area. Dan ketik 'GAME OVER !!!', jika sudah klik sesuaikan ke vector.

9. Langkah selanjutnya, Pada scrip area, klik blok kejadian lalu pilih script ketika lambang diklik, kemudian pilih blok kontrol dan pilih script selamanya. Ini bertujuan untuk membuat teks dapat mengikuti perintah yang akan  diberikan selamanya/ looping selamanya.
Pilih blok tampilan dan pilih script sembunyikan. Ini berfungsi untuk menyembunyikan perintah yang akan diberikan.
~ Buka blok kontrol pilih script jika <pilih blok data dan pilih script life = 0> maka, lalu pilih blok tampilan dan pilih script tampilkan, kemudian pilih blok kontrol dan pilih berhenti semua. Ini berfungsi untuk menampilkan perintah bahwa semuanya berhenti ketika life 0.

Daaaaann,, untuk sprite teks sudah selesai :)

10. Langkah terakhir, sisipkan latar pada game yang sudah dibuat. Dengan cara klik lambang pada gambar dibawah lalu pilih latar yang diinginkan.


SELESAI. Terima kasih telah mengunjungi blog saya, semoga bermanfaat, apabila ada kesalahan mohon dimaafkan :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PEMOGRAMAN PHP

Tutorial Game Sederhana Menggunakan Scratch